Oleh: y0g4ajust's Blog | 7 Oktober 2009

JAVA GUI

Graphical User Interface atau GUI) adalah metoda interaksi secara grafis antara pengguna dan komputer. Selain itu GUI juga merupakan perangkat pertama untuk mengendalikan fungsi-fungsi suatu software, dan membuat pengguna mudah untuk memahami bagaimana menggunakan software tersebut.

Kita dapat menyebut GUI sebagai bagian dari suatu software yang pertama kali ditangkap mata. Suatu software akan kelihatan bagus, jika GUI tersebut tampak menarik. GUI menjadi salah satu faktor kemudahan dalam penggunaan computer. Keberhasilan komputer GUI, semakin meningkatkan minat penggunaan komputer yang digunakan bersama media lain seperti video dan digital sound.

Contoh sistem GUI

–        Apple Macintosh

–        Microsoft Windows pada IBM PC

–        Open Look pada workstation Unix

–        KDE, GNOME pada Linux

.

JAVA adalah bahasa pemrograman yang berorientasi objek (OOP) dan dapat dijalankan pada berbagai platform sistem operasi. Java merupakan bahasa pemrograman komputer dengan elemen yang berasal dari  C, C++ dan bahasa lainnya dengan librari yang sesuai untuk lingkungan Internet.

JAVA memungkinkan siapa saja mempublikasikan sebuah halaman www dengan kode yang dapat dijalankan orang lain yang mengakses halaman tersebut tanpa dipengaruhi jenis perangkat keras yang digunakannya. Sebagai sebuah bahasa pemrograman, Java dapat membuat seluruh bentuk aplikasi, desktop, web dan lainnya, sebagaimana dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman konvensional yang lain.

.

Java GUI adalah bahasa pemrograman komputer yang telah menggunakan metoda interaksi secara grafis antara pengguna dan komputer. Java menyediakan banyak tool seperti Abstract Windowing Toolkit (AWT) dan Swing untuk mengembangkan aplikasi GUI yang interaktif. AWT dan Swing menyediakan komponen GUI yang dapat digunakan dalam membuat aplikasi Java dan applet. AWT adalah Java yang setara dengan Microsoft Windows Common Control Library atau Motif widget toolkit. Ini termasuk pendukung untuk pemrograman grafik sederhana serta sejumlah komponen seperti tombol, menu, daftar, dan kelas check box.

Tidak seperti beberapa komponen AWT yang menggunakan native code, keseluruhan Swing ditulis menggunakan bahasa pemrograman Java. Swing menyediakan implementasi platform-independent dimana aplikasi yang dikembangkan dengan platform yang berbeda dapat memiliki tampilan yang sama. Begitu juga dengan AWT menjamin tampilan look and feel pada aplikasi yang dijalankan pada dua mesin yang berbeda menjadi terlihat sama. Swing API dibangun dari beberapa API yang mengimplementasikan beberapa jenis bagian dari AWT. Kesimpulannya, komponen AWT dapat digunakan dengan komponen Swing.

.

Refrensi

J.E.N.I

http://id.wikipedia.org/wiki/Antarmuka_pengguna_grafis

http://dosen.binadarma.ac.id/afriyudi/modul/java/JAVA%20I.html

http://www.akademik.unsri.ac.id/

http://www.informatika.lipi.go.id/publikasi/desain-model-gui-pada-sistem-pengenal-suara.html

http://www.asep-hs.web.ugm.ac.id/


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: