Oleh: y0g4ajust's Blog | 7 Mei 2009

TUGAS JAVA I

Pernyataan adalah  satu  atau  lebih  baris  kode  yang  diakhiri  dengan  semicolon.  Sebagai contoh untuk pernyataan tunggal adalah

pernyataanBlok adalah satu atau lebih pernyataan yang terbentang antara kurung kurawal buka dan kurung  kurawal  tutup  yaitu  sekumpulan  pernyataan  sebagai  satu  unit  kesatuan.  Blok pernyataan  dapat  dikumpulkan  akan  tetapi  tidak  secara  pasti  mempunyai  keterkaitan fungsi. Beberapa jumlah  spasi  kosong diijinkan  terdapat didalamnya, sebagai contoh  dari suatu blok adalah :

blok

Ekspresi adalah Pernyataan yang dapat menghasilkan suatu nilai dan memiliki Nilai Balik ( Return Value) yang terdiri dari Bilangan , Boolean, Objek

Contoh : C = A + B

Dimana C adalah Nilai Balik (Return Value) dan A+B adalah sebuah Ekspresi

Komentar adalah catatan yang ditulis pada         kode dengan tujuan sebagai bahan dokumentasi. Teks tersebut bukan bagian dari program dan tidak mempengaruhi jalannya program.

Perlunya kita menulis komentar pada baris program adalah agar Programer dapat mengetahui letak kode program apabila terjadi error dalam sebuah program. Selain itu juga pemberian komentar dalam kode program dapat memudahkan programer yang lain dalam mengetahui letak prosedu atau fuction dalam program jika dikerjakan oleh TIM.

Identifier adalah suatu tanda yang mewakili nama-nama variabel, method, class, dsb. Contoh dari Identifier adalah : Hello, main, System, out.

Pendeklarasian  Java  adalah  case-sensitive.  Hal  ini  berarti  bahwa  Identifier  :  Hello  tidak sama  dengan hello. Identifier harus dimulai dengan salah satu huruf, underscore “_”, atau tanda  dollar  “$”.  Hurufnya  dapat  berupa  huruf  besar  maupun  huruf  kecil.  Karakter selanjutnya dapat menggunakan nomor 0 smpai 9.

Identifier tidak dapat menggunakan kata kunci dalam Java seperti class, public, void, dsb. Selanjutnya kita akan berdiskusi lebih banyak tentang kata kunci dalam Java

Kata kunci ( Key word ) adalah identifier yang telah  dipesan untuk  didefinisikan sebelumnya oleh Java untuk  tujuan  tertentu.  Anda  tidak  dapat  menggunakan  keyword  sebagai  nama  variabel, class,  method  Anda,  dsb.  Berikut  ini  adalah  daftar  dari  kata  kunci  dalam  Java  (Java Keywords).

Contoh 5 buah Keyword :

Double

New

If

Final

Byte

Literals adalah tanda bahwa tidak terjadi perubahan atau konstan. Macam-macam literals dalam  Java  adalah  :

  1. Integer  Literals,
  2. Floating-Point  Literals,
  3. Boolean  Literals,
  4. Character Literals dan
  5. String Literals.

1. Integer  literals dibedakan  dalam  beberapa format  yang berbeda: desimal (berbasis  10), heksadesimal (berbasis 16), and oktal (berbasis 8). Dalam penggunaan tipe data integer pada program, kita harus mengikuti aturan penggunaan beberapa notasi khusus Untuk  angka  desimal,  kita  tidak  memerlukan  notasi  khusus.  Kita  hanya  menulis  angka desimal  seperti  apa  adanya.  untuk  angka heksadesimal, hal  itu  harus  ditandai  oleh  “0x” atau “0X”. untuk oktal, ditandai oleh“0”

Sebagai  contoh,  mewakili  angka  12.  Penulisan  dalam  bentuk  desimalnya  adalah 12, Sementara dalam heksadesimal, menjadi 0xC, dan dalam oktal, nilai tersebut sama dengan 014.

Default  tipe  data untuk  integer  literals  adalah int. Int  adalah  signed 32-bit  value. Pada kasus-kasus tertentu Anda dapat berharap   untuk memaksa integer literal untuk menjadi tipe  data  long dengan  menambahkan  karakter  “l”  or  “L”.  tipe  data  long  ditandai  oleh ditampilkannya   data   dalam   64-bit.   Kita   akan   membahas   mengenai   tipe   data   pada kesempatan selanjutnya.

2. Floating  point  literals mewakili  bentuk  desimal  dengan  bagian  yang  terpisah.  Sebagai contoh adalah 3.1415. Floating point literals dapat dinyatakan dalam notasi standard atau scientific. Sebagai contoh, 583.45 dinyatakan dalam notasi standard, Sementara  5.8345e2 dinyatakan dalam notasi scientific.

Default Floating point literals mempunyai tipe data double yang dinyatakan dalam 64-bit. Untuk menggunakan ketelitian yang lebih kecil (32-bit) float, hanya dengan menambahkan karakter “f” atau “F”.

3. Boolean literals hanya memiliki dua nilai,  true atau false.

4. Character  Literals diwakili  oleh  karakter  single  Unicode.  Karakter  Unicode  adalah  16-bit character  set  yang  menggantikan  8-bit  ASCII  character  set.  Unicode  memungkinkan pengunaan simbol dan karakter khusus  dari bahasa lain.

Untuk  menggunakan  character literals, karakter  tersebut  di  dalam  tanda single  pute (‘ ‘). (single quote delimiters). Sebagai contoh huruf a, diwakili sebagai ‘a’.

Untuk  menggunakan  karakter  khusus  seperti  karakter  baris  baru,  backslash digunakan diikuti  dengan  karakter  kode.  Sebagai  contoh,  ‘\n’  untuk  karakter baris  baru  atau  ganti baris, ‘\r’ untuk menyatakan nilai balik (carriage return), ‘\b’ untuk backspace.

String literals mewakili  beberapa karakter  dan dinyatakan  dalam  tanda double  pute(“ ”)( double quotes). Sebagai contoh string literal adalah, “Hello World”.


Tipe Data Primitif yang digunakan untuk Nilai Desimal

( Floating Point – float dan double )

Tipe  Floating  point  memiliki  double sebagai  default  tipe  datanya.  Floating-point  literal termasuk salah satunya desimal point atau salah satu dari pilihan berikut ini,

E or e //(add exponential value)

F or f //(float)

D or d //(double)

Contohnya adalah,

  1. 3.14                //nilai floating-point sederhana (a double)
  2. 6.02E23           //A nilai floating-point yang besar
  3. 2.718F            //A nilai float size sederhana
  4. 123.4E+306D    //A nilai double yang besar dengan nilai redundant D

Pada  contoh  yang  ditunjukkan  diatas,  23  setelah  E  pada  contoh  kedua  bernilai  positif. Contoh tersebut sama dengan 6.02E+23. Tipe data Floating-point memiliki range sebagai berikut:

floatingpointrange

Variabel adalah item yang digunakan data untuk menyimpan pernyataan objek. Variabel  memiliki  tipe  data dan  nama.  Tipe  data  menandakan  tipe  nilai  yang  dapat dibentuk oleh variabel itu sendiri. Nama variabel harus mengikuti aturan untuk identifier.

Deklarasi dan Inisialisasi Variabel

Untuk deklarasi variabel adalah sebagai berikut,

<data tipe> <name> [=initial value];

Catatan: Nilainya berada diantara <> adalah nilai yang disyaratkan, sementara nilai dalam tanda [] bersifat optional.

Berikut  ini  adalah  contoh  program  yang  mendeklarasikan  dan  menginisialisasi  beberapa variabel,

variabel

Konstanta adalah suatu nilai pasti yang tidak bisa diubah-ubah. Pengertian ini relevan dengan kata dasarnya yaitu konstan yang artinya tetap.

Perbedaan Variabel dan Konstanta

Jika isi variable masih bisa diubah, maka konstanta tidak.

PRAKTEK LATIHAN

Menampilkan Nilai Variabel

1. MenampilkanVariabel1.java

Kode Program :

kodemenampilkanvariabel1

Tampilan Program

menampilkanvariabel1

—-****—-

2. MenamplikanVariabel2.java

Kode Program

kodemenampilkanvariabel2

Tampilan Program

menampilkanvariabel2

….****…..

PRAKTEK MANDIRI

PraktekMandiriYoga

Kode Program

kodepraktekmandiriyoga

Tampilan Program

praktekmandiriyoga

Demikian….. Semoga Dapat Menambah Pengetahuan walau sedikit …. :)***


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: